PENGERTIAN PENGEMBANGAN SDM

Pengembangan SDM adalah penyiapan karyawan untuk memikul tanggung jawab lebih tinggi dalam perusahaan. Pengembangan SDM berhubungan erat dengan peningkatan kemampuan intelektual yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan lebih baik lagi. Pengembangan SDM berpijak pada fakta setiap tenaga kerja membutuhkan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang lebih baik. Pengembangan lebih terfokus pada kebutuhan jangka panjang dan hasilnya hanya dapat diukur dalam jangka panjang. Pengembangan juga membantu karyawan mempersiapkan diri menghadapi perubahan pekerjaan atau jabatan yang diakibatkan teknologi baru atau pasar baru.

Flippo dalam bukunya Personnel Management menggunakan istilah “pengembangan” untuk usaha peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan. Otto dan Glasser dalam bukunya The Management of Training menggunakan istilah training (latihan) untuk usaha peningkatan pengetahuan dan keterampilan karyawan yang di dalamnya menyangkut pengertian pendidikan.

Tujuan perusahaan akan tercapai jika karyawan menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien, sehingga usaha pengembangan SDM amat diperlukan. Dengan demikian dapat disimpulkan tujuan pengembangan SDM adalah memperbaiki efektivitas dan produktivitas kerja dalam melaksanakan dan mencapai sasaran perusahaan.

Peningkatan efisiensi dan profduktivitas SDM dicapai melalui peningkatan :

  1. Pengetahuan karyawan
  2. Keterampilan karyawan
  3. Sikap dan tanggung jawab karyawan terhadap tugasnya
About these ads
This entry was posted in PENGEMBANGAN SDM and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s